Catatan Dari Mojokerto

sekitar seminggu yang lalu.epatnya tanggal 21/03 2009,kelas X1 IS 2 SMAN 2 Bojonegori mengadakan study tour ke kawasan Trowulan Mojokerto. Study tour ini di laksanakan atas dasar keingiman siswa kelas X1 untuk menambah wawasan mengenai peninggalan kerajaan Majapahit yang notabene banyak terdapat di kawasan Trowulan,Mojokerto.

Pada kunjungan pertama,para siswa siswi SMAN 2 Bojonegoro mengunjung museum Trowulan yang terletak di Desa Trowulan,Kec Trowulan Kab.Mojokerto.di sana para sisaw siswi dapat melihat benda bebda peninggalan kerajaan Majapahit. elain Itu i Museum Trowulan siswa siswi SMAN 2 Bojonegoro M\mendapat pengarahan singkat dari pemandu wisata. Di museum Trowulan ini, pengunjung bisa membeli cinderamata yang di sediakan di koperasi museum trowulan. Di dekat museum Trowulan terdapat juga situs sejarah Kolam Segaran yang terletak sekitar 10M dari museum Trowulan.

Selanjutnya perjalanan di teruskan ke Paduraksa Bajang ratu yang terletak di Dusun Kraton,Desa Temon kec.Trowulan Kab.Mojokerto. menurut narasumber atau pemandu yang ada di Candi Bajag Ratu, Candi ini di bangun pada abad 14 atau sekitar tahun 1340M. Menurut erita dalam Kitab Pararaton, candi ini merupakan tempat pendarmaan prabu jayanegara. Gapura ini di bangun oleh raja Majapahit Tribhuana Wijayatngga Dewi dalam rangka memperimgati 12 tahun kematian Praabu Jayanegara.

selanjutnya perjalanan berlajut ke Candi Tikus dan berakhir di wisata air panas Pacet. Dikawasan wisata ini para siswa SMAN 2 Bojonegoro menikmati segarnya mandi di kolam air panas. Wisata air panas pacet ini menuguhkan keindahan alam yang fantastis tempanya yang terletak di pegunungan memberikan suasana yang sejuk dan nyaman. rasanya s\percuma jka hanya bercerita lewat kata,anda tidak bisa merasakan sendiru betapa menyejukkannya kawasa Pacet. Sebaiknya anda mencoba.

0 komentar: